oleh

Bpkb Motor Bisa Digadaikan, Berikut Ini Langkah Mudahnya!

Jumlah pengangguran yang ada di Indonesia pada tahun 2020 ini meningkat pesat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, sehingga ekonomi yang baru saja tumbuh ini kemudian juga lumpuh kembali. Bahkan menyebabkan terjadinya resesi ekonomi yang cukup parah. Tak jarang diantaranya masyarakat yang kelabakan untuk mencari sumber uang yang bisa digunakan untuk melanjutkan hidup. Diantaranya adalah dengan mengajukan pinjaman kemana-mana, termasuk juga menggadaikan barang. Ternyata BPKB motor bisa digadaikan.

Produk pinjaman berbasis KMG atau yang dikenal juga sebagai kredit multiguna ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan pinjaman uang. Entah itu bagi mereka yang tengah membutuhkan sumber modal untuk bisnis maupun yang lainnya. dari segi syarat yang diberikan sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan KTA, hanya saja disini calon debitur wajib hukumnya untuk menyertakan keberadaan barang jaminan yang bentuknya sendiri beragam. Mulai diantaranya adalah surat-surat kendaraan, emas sampai dengan sertifikat rumah juga dapat diandalkan. Tentunya berbeda jenis barang yang digadaikan, maka nilai pinjaman juga berbeda-beda.

Khusus untuk langkah atau prosedur di dalam menggadaikan barang ini sangatlah mudah, berikut ini yang dapat diikuti, yaitu:

1. Pilih lembaga pembiayaannya terlebih dahulu, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih lembaga pembiayaan. Meskipun ada banyak sekali di sekitar Anda. Namun pastikan untuk tidak asal menjatuhkan pilihan, atau nantinya Anda sendiri yang akan menyesalinya. Mengingat memang belum tentu semuanya terpercaya dan memiliki reputasi bagus, setidaknya lembaga gadai yang aman memiliki beberapa kriteria atau ciri-ciri berikut ini, yaitu:

  • Sudah terdaftar di dalam OJK, dimana lembaga ini yang mengawasi regulasi perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, termasuk juga keamanannya.
  • Bunga yang diterapkan juga kecil atau bersaing, tidak menjerat atau merugikan debiturnya, yaitu sekitar 1,5 persen perbulan.
  • Barang yang dapat digadaikan pada lembaga tersebut jenisnya juga beragam, sehingga nantinya dapat disesuaikan dengan kemampuan, misalnya adalah surat kendaraan, rumah ataupun tanah.
  • Semua barang yang digadaikan sudah terjamin keamanannya, dimana barang tersebut juga akan dilindungi oleh asuransi.
  • Memiliki seorang jasa taksir yang sudah bersertifikasi, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

2. Cek syarat dan ketentuan yang diberlakukan, setelah memilih lembaga gadai mana yang akan Anda tuju, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengecek apa sajakah syarat dan juga ketentuan yang diberlakukan oleh mereka. Sehingga disini nantinya Anda juga tidak akan salah prosedur di dalam mengajukan pinjaman tersebut.

3. Lengkapi semua berkas yang diminta, setelah mengecek syarat dan juga ketentuannya, langkah selanjutnya adalah dengan melengkapi atau memenuhi semua jenis berkas yang memang diminta oleh pihak tersebut. Jangan sampai ada yang kurang karena dampaknya fatal, bisa saja apply Anda nantinya ditolak oleh pihak pegadaian.

4. Datang dengan membawa semua berkas yang diminta dan juga barang yang akan digadaikan, langkah selanjutnya cukup datang membawa semua jenis syarat yang diminta oleh pihak pegadaian tersebut. Termasuk juga barang yang Anda agunkan atau dijadikan sebagai jaminan. Maka pihak mereka akan langsung memprosesnya, jika disetujui maka hanya beberapa hari saja uang tersebut akan langsung cair.

Pastikan juga untuk disiplin di dalam membayar kewajiban cicilan, sehingga barang gadai tersebut akan kembali lagi ke tangan Anda dengan selamat. Selain BPKB motor bisa digadaikan ternyata masih ada banyak lagi diantara barang-barang lainnya yang juga dapat Anda gadaikan.

News Feed