oleh

Beralihlah ke WhatsApp Business untuk Peroleh Fitur-fitur Ini

Sudah banyak yang tahu kan apa itu Whatsapp? Tidak bisa diragukan lagi bahwa kaum milenial dan gen Z pasti sudah mengenal dengan baik aplikasi ini. Whatsapp merupakan aplikasi pesan online (bukan media sosial) yang bisa digunakan gratis melalui perangkat ponsel pintar. Dengan aplikasi ini, anda bisa mengirimkan pesan berupa teks, gambar dan juga video dengan batasan ukuran. Pada umumnya aplikasi yang sudah didownload oleh 5 miliar pengguna ini digunakan sebagai media komunikasi.

Itu dulu, pada awal rilis Whatsapp memang digunakan sebagai komunikasi tanpa harus kehilangan pulsa. Jadi anda bisa lebih hemat biaya daripada menggunakan pesan SMS seperti sebelumnya. Yang berkurang hanya kuota data, namun dalam jumlah yang relatif kecil.

Tepat pada awal tahun 2018, Whatsapp merilis produk terbarunya dengan nama Whatsapp Business. Ada beberapa fitur yang tidak terdapat pada WA biasa dan sangat cocok untuk menunjang aktivitas bisnis anda.

Fitur Whatsapp Business

Semua fitur yang ada pada Whatsapp API business memungkinkan anda untuk menjangkau banyak pelanggan. Tugas anda hanya membuat konten yang dapat menarik perhatian, sisanya anda bisa menyerahkan pada fitur andalan tersebut.

1. Dukungan Pelanggan dengan Fitur Katalog

Tidak akan anda temui fitur katalog pada whatsapp versi gratis. Fitur ini akan sangat berguna jika anda mempunyai banyak produk yang dipasarkan. Dukungan pelanggan bisa dilakukan dengan cara membuat katalog beserta informasi penting diadalamnya.

Upload katalog secara rutin, jangan langsung dilakukan dalam sehari atau sesaat itu juga, buat mereka penasaran terlebih dahulu. Jika setiap hari anda rutin melakukan posting pada fitur tersebut, pelanggan akan setia menunggu produk baru apa yang bakal anda luncurkan.

2. Riset Konsumen dengan Fitur Label

Anda dapat memanfaatkan fitur label untuk membuat segmentasi dari beberapa pelanggan. Dari situ, anda dapat melakukan riset terhadap setiap pengelompokan tersebut. Jika pada salah satu kelompok merespons dengan baik apa yang anda tawarkan, kumpulkan mereka kedalam label lain yang khusus bagi pelanggan potensial. Sisanya, anda bisa melakukan follow up lebih lanjut.

3. Mendapat Feedback

Anda tidak akan tahu seberapa baik produk yang anda tawarkan dan apa saja kekurangannya. Untuk itu anda sangat memerlukan umpan balik dari konsumen yang telah menggunakannya. Anda bisa melakukan dengan cara survey atau poling menarik sehingga mereka menanggapi hal tersebut.

4. Kirim Pengingat

Bagaimana perasaan anda ketika diperhatikan oleh seseorang? Senang pastinya, lakukan hal itu juga pada pelanggan dengan mengirimkan pengingat. Anda bisa mengirimkan pengingat mengenai pesanan, produk baru atau hal lain yang berhubungan dengan strategi marketing.

5. Menjadi Kreatif

Jadilah pengusaha yang kreatif, anda bisa memanfaatkan fitur yang sudah disediakan di Whatsapp Business. Jika perlu, gunakan fitur status untuk memberikan diskon khusus. Apabila mereka tertarik, hal yang pertama dilakukan adalah dengan membuka katalog yang telah anda sediakan sebelumnya.

Fitur lain yang ada di Whatsapp business antara lain, keranjang belanja yang memudahkan konsumen untuk langsung memasukkan barang yang disukai sambil mencari barang lainnya. Ada juga fitur pesan otomatis yang sangat berguna bagi anda untuk membalas pesan ketika sedang sibuk atau istirahat. Apabila ada pertanyaan yang sama dari beberapa pelanggan anda bisa menggunakan fitur balasan cepat yang sebelumnya sudah diatur terlebih dahulu.

Jadi, sudah tahu apa saja yang bisa anda lakukan dan fitur apa saja yang didapat ketika menggunakan Whatsapp Business? Sekarang saatnya untuk beralih kesana demi perkembangan usaha yang anda jalankan.