oleh

Bentuk Image Perusahaan, dengan Id Card Karyawan yang Menawan

Dalam sebuah perusahaan atau instansi, id card karyawan memiliki fungsi sebagai informasi data mengenai karyawan. Umumnya berisi info nama, nomor karyawan, dan jabatan. Tidak hanya sebagai tanda pengenal, id card juga dapat digunakan untuk akses masuk ke ruangan kerja dan absensi. Karena id card ini sejenis kartu magnetik seperti yang digunakan pada kartu ATM, kartu proximity yang memiliki kandungan frekuensi yang sering dipakai pada proses membuka pintu atau absensi di mana kartu tidak harus menyentuh atau digesek pada alat karena frekuensi yang dipancarkan atau barcode, dan sebagainya.

Nah, penggunaan id card ini berfungsi untuk memberikan kesan rapi dan formal serta membedakan antara karyawan dan pengunjung untuk menghindari hal-hal yang tak diharapkan seperti penyusupan dll.  Dengan adanya id card karyawan juga akan mempermudah klien untuk meminta bantuan kepada karyawan sesuai dengan divisi dan nama pada id card.

Dalam fungsi internal, perbedaan warna id card biasanya diatur untuk mempermudah direksi atau sesama karyawan untuk mengenali secara tepat divisi atau nama yang terkait. Sebuah id card dengan tampilan yang menawan dapat membentuk image bagi perusahaan Anda. Untuk itu, perlu Anda ketahui hal-hal yang biasanya terdapat dalam id card secara detail.

Tanda Pengenal Perusahaan

Pembuatan id card karyawan ternyata berbeda dengan pembuatan kartu identitas lainnya. Karena kartu ini akan menjadi penanda bahwa seseorang merupakan bagian dari sebuah perusahaan tertentu. Sehingga logo serta nama perusahaan harus terpampang dan apabila memungkinkan bisa juga ditambahkan informasi lain mengenai hal-hal yang menarik dari perusahaan. Hal tersebut secara tidak langsung dapat menjadi sarana promosi yang sangat bermanfaat.

Perlu diperhatikan bahwa penempatan dari logo dan nama perusahaan tidak boleh sembarangan. Logo serta nama perusahaan haruslah ditempatkan pada bagian yang mudah dijangkau oleh indra penglihatan orang lain. Akan menarik lagi jika desainnya rapi dan bersih. Nah, dengan demikian info perusahaan dan identitas pemilik kartu, lebih mudah untuk dikenali.

Mengingat banyaknya kejahatan di dunia ini, tidak menutup kemungkinan bahwa kartu identitas karyawan juga dapat dipalsukan. Untuk menghindari hal tersebut disarankan untuk dipasang hologram pada kartu. Agar pihak dengan kepentingan yang tidak baik, tidak mudah memalsukan kartu.

Bahan Kartu

Id card karyawan dicetak secara massal dan dibuat untuk kepentingan jangka panjang. Oleh karena itu, kartu harus dibuat dengan bahan yang tahan lama. Sehingga kartu tidak mudah rusak dan dapat menghemat biaya cetak ulang kartu. Biasanya id card karyawan dibuat dari bahan PVC. Bahan ini memiliki ketebalan yang pas serta bisa tahan sampai 5 tahun, sehingga bahan kartu ini dianggap cukup awet.

Bentuk untuk Dicetak

Dalam mencetak kartu perlu diperhatikan bentuk dan ukuran. Umumnya, kartu identitas berukuran kecil, seperti 56 x 86 mm. Dengan ukuran yang sekian memberikan kemudahan dalam pemakaiannya. Kartu yang dicetak dalam bentuk yang tidak sesuai akan membuat id card karyawan menjadi tidak efektif untuk digunakan. Hal tersebut tentunya berdampak pada kurang maksimalnya fungsi dari kartu. Ini justru membuat biaya pencetakan kartu menjadi sia-sia, dan secara otomatis akan merugikan karyawan maupun perusahaan.

Nah, kemudian dalam mencetak tentunya diperlukan alat cetak yang berkualitas, bukan? Ist.co.id menyediakan printer id card yang tentunya akan membuat kartu identitas anda semakin menawan. Terdapat banyak tipe pilihan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau instansi Anda.

Komentar

News Feed