oleh

Begini Cara Optimalkan Investasi di Reksadana dengan Tepat

Ada banyak cara optimalkan reksa dana yang sebenarnya sangat mudah dilakukan. Kegiatan investasi adalah salah satu cara untuk menata masa depan yakni dengan keuangan yang lebih baik. Dengan memulai investasi sedini mungkin merupakan pilihan yang tepat. Dan salah satu investasi yang dapat dicoba adalah investasi reksa dana. Apakah kamu ingin tahu bagaimana cara investasi reksa dana? Maka dari itu simak baik-baik ulasannya setelah ini.

Tips Memulai Investasi Reksa Dana dengan Mudah

Saat kamu berinvestasi menggunakan reksa dana bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Pastinya setiap langkah juga perlu diperhatikan dengan baik dan dipahami sebelum mulai menggunakan reksa dana. Pada jenis investasi ini juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan juga diterapkan, simak langkah-langkahnya di bawah ini ya.

1. Pilih Platform

Untuk langkah pertama adalah mencari tahu dulu yakni platform investasi reksa dana mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan cocok untuk kamu. Carilah platform yang telah menyediakan beragam produk reksa dana dari banyak Manajer Investasi. Saat ini banyak pilihan Manajer Investasi yang nanti akan sangat membantu proses investasi.

2. Pahami Macam-macam Reksa Dana

Saat ini tersedia berbagai macam reksa dana yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kamu bisa cari tahu informasi sebanyak dan sedetail mungkin yakni tentang macam reksa dana yang tersedia lalu tentukan pilihan ingin berinvestasi dengan jenis reksa dana yang mana dan biasanya kamu akan di arahkan untuk memilih kecocokan yang mana. Hal ini karena setiap jenis tentu memiliki keunggulannya masing-masing maka bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Tentukan Jangka Waktu Investasi

Dengan adanyan jangka waktu yang berbeda pada setiap reksa dana. Yakni ada yang kurang dari satu tahun, lalu ada yang sampai 3 tahun, kemudian ada juga yang sampai 5 tahun dan juga lebih dari itu. Kemudian jangka waktu tersebut dapat dilihat dari reksa dana jenis apa yang dipilih. Hal ini karena setiap jenis reksa dana jangka waktu investasinya berbeda. Dengan perbedaan dari jangka waktu tersebut nantinya akan memberikan beberapa efek yakni pada produk investasi yang akan dipilih.

4. Beli Reksa Dana

Setelah itu jika kamu sudah melewati langkah diatas kamu boleh membeli reksa dana sesuai dengan kebutuhan, baik yang berjangka waktu pendek ataupun jangka waktu panjang. Bila kamu sudah membeli, maka langkah selanjutnya adalah melihat rekam jejak imbal hasil selama tiga tahun terakhir apakah konsisten ataukah tidak.

Dan setelah itu silakan mencari tahu informasi lebih lanjut yakni tentang reksa dana yang dibutuhkan melalui internet ataupun bisa langsung menghubungi pihak yang menjual reksa dana itu. Kemudian tanyakan biaya yang dikenakan oleh para reksa dana yang sudah dipilih khususnya biaya pembelian dan juga penjualannya. Dan untuk berjaga-jaga maka sisihkan 20% dari pendapatan untuk berinvestasi reksa dana setiap bulannya ya agar semakin optimal.

5. Pilih Produk yang Sudah Terdaftar dan Berizin di OJK

Meskipun Reksa dana adalah investasi yang legal dan yang sudah terdaftar atau mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Namun ada banyak syarat yang harus dipenuhi sehingga reksa dana dapat dipercaya dan aman. Maka pastikan produk reksa dana serta juga Manajer Investasi sudah mendapatkan izin tersebut. Karena tanpa adanya perizinan tentu investasi nantinya akan ada risiko yang harus ditanggung kamu. Kalaupun kamu mau berinvestasi secara tenang, maka bisa langsung mendaftar sebagai pendana dalam layanan Reksa Dana for Lender yang telah disediakan oleh pionir fintech lending Investree. Pastinya sudah berizin oleh OJK.

News Feed