oleh

Begini Cara Membuat CV yang Benar

Sebelum Anda membuat CV, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah salah satunya mencari informasi tentang latar belakang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar nantinya, Anda bisa mencarinya melalui via Online atau Anda bisa langsung menanyakan informasi ini kepada teman atau dengan kenalan Anda yang mungkin dia bekerja sebagai karyawan di sana.

Anda harus mencatat dan mempelajari tentang segala informasi yang berkaitan dengan segala persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar secara teliti, seperti halnya kualifikasi pekerjaan Anda, keterampilan dan keahlian yang Anda miliki, dan juga usia ini bisa juga menjadi persyaratan yang harus dipenuhi dalam cara pembuatan CV. Selain informasi mengenai persyaratan tadi Anda juga harus mencari informasi yang berkaitan dengan Visi dan Misi dan juga nilai etos kerja yang diimplementasikan oleh perusahaan yang Anda lamar tersebut apakah Visi dan Misi perusahaan yang Anda lamar tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan atau tidak. Jika Anda bisa melalui semua informasi yang berkaitan dengan perusahaan tersebut, Anda dapat untuk menyaring kira – kira manakah perusahaan yang akan tertarik dengan surat lamaran kerja dan juga dengan CV yang Anda lampirkan didalamnya.

Berikut ini adalah persyaratan – persyaratan yang harus Anda penuhi dalam membuat CV:

  • Indentitas diri: Nama lengkap, alamat, no telepon dan alamat email
  • Pendidikan: Pendidikan terakhir, jurusan dan IPK
  • Personalita: Gambaran singkat karakter dirimu
  • Keterampilan: Keterampilan yang kamu miliki
  • Pengalaman kerja: Hal yang sudah dicapai pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah didapatkan
  • Informasi lain: Hobi, refenrensi tentang dirimu yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

Beberapa perusahaan lokal biasanya mereka menerima CV dalam Bahasa Indonesia. Biasanya kalau CV dalam Bahasa Indonesia pasti ada kelemahannya jika Anda menggunakan CV dengan Bahasa Indonesia karena perusahaan tidak akan tahu apakah Anda bisa berbahasa Asing atau tidak. Walaupun Anda bisa berbahasa asing dan sudah terlampir dalam CV, perusahaan pastinya tidak akan seberapa fasih anda menggunakan bahasa asing.

Dan tentunya jika Anda bisa menggunakan bahasa asing, pastinya ini akan menambah nilai plus pada diri Anda, tapi saya ingatkan CV yang Anda serahkan baik itu dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris ini tergantung dari perusahaan dan yang terpenting adalah konten yang ada dalam CV Anda. Berikut ini adalah contoh CV yang saya buat!.

Cara Membuat CV

Download disini: Contoh CV

Demikian contoh CV yang saya buat dalam bahasa Indonesia yang bisa menjadi referensi untuk Anda melamar pekerjaan di perusahaan dalam negeri maupun di perusahaan luar negeri. CV yang baik ialah CV yang dibuat dengan sejujur-jujurnya dan apa adanya, selain itu semua didasari pada kualitas konten dan bukan penampilan CV itu sendiri. Alasan mengapa perusahaan memerlukan CV dari para pelamar adalah untuk memudahkan sebagai bahan mengevaluasi kompetensi atau kemampuan dari para pelamar kerja.

Komentar

News Feed