oleh

Bagaimana Cara Kerja sebuah Data Center

Cara Kerja sebuah Data Center [PortalPintar.com] – Salah satu alasan mengapa banyak orang mengakses suatu website adalah karena adanya pusat data di website tersebut. Pusat data atau data center bisa membuat website yang Anda miliki dikenal bukan hanya di satu negara melainkan seluruh dunia. Sesuai dengan namanya, maka pusat ada menjadi pusat berkumpulnya beragam data. Data tersebut nantinya akan disebarkan pada banyak perangkat komputer melewati internet. Jika Anda masih bingng bagaimana cara kerjanya, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Cara Kerja sebuah Data Center

5 Cara Kerja Sebuah Data Center

Untuk bisa berjalan sebuah data center membutuhkan beberapa komponen pendukung. Komponen pendukung tersebut ada untuk mendukung berjalannya layanan pusat data, jadi tidak boleh ada satupun yang terlewatkan. Komponen pendukung tersebut antara lain ruang server, rak pusat data, koneksi internet, konsumsi energi, pendingin, ruangan khusus, serta keamanan server. Dari komponen pendukung itulah sebuah pusat data bisa bekerja. Inilah penjelasan cara kerjanya:

  1. Berada di Ruangan Server dan Ada Rak Pusat Data

Cara kerja yang pertama kali adalah dengan adanya komponen pendukung ruangan server dan rak pusat data. Data center haruslah berada di ruangan tersebut. Dan di dalam ruangan itu nantinya akan ada rak yang berguna sebagai tempat server itu ada. Disana semua data utama akan tersimpan dengan aman. Data tersebut akan diberikan ke sejumlah perangkat komputer.

  1. Ada Jaringan Internet Serta Konsumsi Energi

Suatu pusat data sudah pasti harus mempunyai jaringan internet yang kuat dan stabil. Jadi bisa dibilang tidak ada layanan pusat data yang jaringan internetnya lama atau lemot. Karena sebutannya saja sebagai pusat dari semua data, maka koneksi internetnya tidak perlu diragukan lagi. Misalnya saja layanan pusat data Nex Datacenter. Layanan tersebut memiliki jaringan internet yang memuaskan kliennya. Selain itu, data center juga pasti bisa berjalan adanya konsumsi energi. Energi disini yaitu daya yang berguna untuk menghubungkan server dari pusatnya ke beberapa jaringan komputer.

  1. Ada Pendingin

Pendingin disini berguna untuk menjaga ruangan server supaya tak panas. Karena waktu berjalannya pusat data adalah 24 jam non stop maka suhu server pasti akan naik. Dengan menggunakan pendingin bisa membuat ruang server menjadi lebih sejuk. Suhu server juga bisa terkontrol dengan baik.

  1. Ruang Khusus untuk Pusat Data

Selain tiga poin di atas pusat data juga butuh ruangan khusus. Ruangan khusus tersebut berguna agar khusu menangani pusat data. Jadi data perusahaan yang bekerja sama dengan pusat data akan diletakkan disana untuk kemudian disambungkan ke jaringan komputer.

  1. Keamanan Server yang Terjaga

Sistem kerja pusat data juga tak bisa tercapai jika tak adanya keamanan server yang terjaga. Keamanan server tersebut berguna untuk mengurangi sebanyak mungkin kerusakan yang bisa terjadi di sebuah pusat data. Dengan sistem keamanan tersebutlah maka data di ruangan itu bisa diselamatkan dan dijaga dengan benar.

Demikian sedikit penjelasan mengenai cara kerja data center. Komponen pendukung tersebut bisa memaksimalkan kinerja pusat data. Jadi data perusahaan yang harus dibagi bisa terkonekasi ke beberapa jaringan komputer dengan menggunakan pusat data yang paling bagus. Anda yang masih ragu memilih layanan mana yang sekiranya bisa dipercaya bisa menggunakan Nex Datacenter. Di penyedia layanan tersebut Anda bisa bekerjasama secara profesional. Untuk informasi lebih detailnya kunjungi saja website resminya di nexdatacenter.com.

Komentar

News Feed