oleh

Apa itu SSL? Cara Kerja dan Manfaat SSL

Pada zaman sekarang lagi tending istilah dunia website dan istilah dari SSL tidak terlalu populer. Hal ini bisa menjadi wajar, karena istilah yang berkaitan dengan keamanan dan privasi bisa saja terabaikan karena kalah trending dengan yang di bidang bisnis dan desain. Nah di sini apa sih SSL itu dan apa sih kegunaan dari SSL ini? Dan teman bisa mengecek http://www.domainesia.com/ssl.

(Secure Sockets Layer) SSL merupakan Teknologi yang:

  • Menjaga keamanan koneksi internet,
  • Menjaga keamanan data-data sensitif yang dikirim antar sistem,
  • Menjaga untuk melakukan pelaku kriminal atau hacker untuk mengakses dan mendapatkan informasi yang dikirim, seperti di dalamnya data-data pribadi atau personal.

Bagaimana sih SSL bekerja?

SSL merupakan keimanan yang menjaga transfer data atau informasi antara Wet server dengan Wet browser. Dengan kata lain Web server dengan browser, SSL ini akan mengamankan pertukaran data antara server dengan browser.

Yang sebenarnya, SSL ini akan mengamankan dari setiap pertukaran data antara satu sistem dengan sistem yang lainnya. Terus, apakah sistem dari pengamanan SSL tersebut bisa bekerja? Mari sama sama kita gunakan analogi di mana ada sebuah toko Online pada saat melakukan pertukaran data informasi dengan Wet browser.

Contohnya, teman teman sedang melakukan transaksi dengan membeli salah satu produk. Pada saat teman teman membeli sebuah produk, tentunya akan terjadi pertukaran data antara teman teman dan toko Online tersebut, mulai dari nomor rekening, alamat email, nomor telepon sampai data data transaksi yang lebih bersifat privasi.

Pada saat memulai pertukaran data akan terjadi, SSL akan melindungi pertukaran data tersebut dengan cara di bawah:

  • menggunakan algoritma yang sudah terenkripsi atau menggunakan kode, yaitu untuk mengacak data ketika akan terjadi pertukaran data. Sebabnya, ini akan membuat hacker menjadi kesulitan dan tidak akan bisa membaca kode tersebut. Dengan hasilnya, pertukaran data yang akan dilakukan atau yang terjadi berlangsung aman dan data tidak akan tercuri oleh para hacker.

Begini caranya mencari Tau website yang sudah menggunakan SSL atau tidak?

Pada saat ini tidak semuanya website yang menggunakan SSL. Apabila semua menggunakan SSL maka pertukaran data antara pengguna dengan website yang tidak menggunakan SSL akan beresiko? Apakah itu benar, teman teman hanya perlu tahu tanda tanda atau ciri ciri website yang sudah menggunakan SSl atau tidak.

Teman teman dapat mengetahui website yang sudah dilengkapi SSL dengan memeriksa dari Url nya. Lihatlah alamat bar, apabila alamat website sudah menggunakan HTTPS, maka website terbut sudah ber SSL tetapi jika belum menggunakan HTTPS bisa dibilang website terbut belum ber SSL.

Nah di sini tanda S itu pada HTTP dapat diartikan secure yang artinya aman. Teman teman akan mengetahui lebih detail mengenai sertifikat SSL, termasuk pemilihan identitas pemilik website dengan menklik simbol gembok pada alamat bar di Wet browser teman teman.

Manfaat SSL (Termasuk Baik untuk SEO)

Dengan kemampuannya mengamankan beragam jenis aktivitas di world wide web, mustahil Teman teman berpikir bahwa SSL itu tidak penting. Selain kemampuan untuk melakukan pengamanan, SSL juga memiliki beberapa manfaat yang dapat langsung Teman teman rasakan di website Teman teman. Diambil dari Hostinger (hostinger.com), berikut adalah 3 manfaat SSL untuk performa dan keamanan website Teman teman.

Tampilan Web yang Lebih Profesional

SSL ternyata dapat membuat website Teman teman lebih terlihat profesional, terlbih jika website Teman teman adalah website ecommerce (toko online). Bagaimana bisa? Hal ini merupakan sudah menjadi aturan dari payment Cad Industry yang mengharuskan untuk melakukan pembayaran Online melalui SSL dengan dilengkapi paling tidak 128 bit.

Akibatnya, publik akan melihat dan menilai bahwa transaksi online di website Teman teman aman. Terlihat lebih profesional bukan?

Mengenkripsi Informasi dan Pertukaran Data

Kalau manfaat yang ini tentu sudah tidak perlu dijelaskan panjang lebar lagi. Teman teman pasti sudah paham mengenai bagaimana SSL mengamankan pertukaran data dan melindungi informasi penting dari risiko pencurian data. SSL ini dengan pasti akan mengamankan semua macam data yang ada seperti interaksi, transaksi, dan tentunya data yang penting lainnya. Dengan pengamanan tersebut, data semakin sulit dibaca oleh pihak luar yang tidak bertanggung jawab.

Ramah SEO dan Google Menyukai We ‘Ber-SSL’

SSL akan memberikan otoritas dan meyakinkan Google, bahwa website Teman teman bukan website ecek-ecek. Akibatnya, Google akan memberikan penilaian yang baik pada website Teman teman. Selain bisa melakukan untuk upaya menaikan SEO, menyalakan SSL ini ternyata akan berpengaruh pada rating pencarian Wet kita. Sebagaimana mestinya tren website yang sua per SSL memiliki peringkat lebih tinggi dibadingkna website yang belum sama sekali ber SSL.

Hosting Unlimited Indonesia

Komentar

News Feed