oleh

Apa Itu Haji? Apa Saja Tentang Fakta Haji?

Haji, kadang-kadang dieja adalah ziarah tahunan ke Mekah yang diharapkan dilakukan umat Islam setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka. Kata Haji adalah kata Arab, yang berarti ‘berniat melakukan perjalanan’.

Fakta Haji adalah rukun Islam kelima yang lain adalah shahadah (pernyataan agama) shalat, zakat (pemberian sedekah), sawm (puasa di bulan Ramadhan). Namun bagaimana anda ingin melakukan umroh? Coba saja kunjungi Umroh Indramayu.

Apa perbedaan antara Haji dan Umrah?

Peziarah dapat pergi ke Mekah untuk melakukan ritual pada waktu lain sepanjang tahun. Ziarah ini dikenal sebagai Umrah dan, tidak seperti haji yang berlangsung pada tanggal Islam tetap, tidak wajib.

Siapa yang harus pergi haji?

Adalah wajib bagi orang dewasa Muslim untuk pergi haji setidaknya sekali seumur hidup mereka. Mereka harus memiliki pikiran yang sehat dan secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan. Mereka yang menyelesaikan haji dapat menambahkan judul Haji ke nama mereka.

Kapan haji?

Ziarah harus dilakukan selama bulan Dhu al Hijja, bulan terakhir dari kalender Islam. Ritual haji dilaksanakan dari tanggal 8 hingga 12 Dhu al Hijjah. Karena kalender Islam didasarkan pada tahun lunar, tanggalnya berubah dalam kalender Gregorian setiap tahun, dan 10 hingga 11 hari lebih awal dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2019, haji diperkirakan akan diadakan pada atau sekitar 9 Agustus.

Berapa banyak orang yang pergi haji?

Setiap tahun sekitar 2 hingga 3 juta orang dari seluruh dunia berkumpul di Mekah untuk naik haji. Ini adalah pertemuan tunggal terbesar orang-orang di planet ini.

Bagaimana Fakta Haji dimulai?

Ritual yang dilakukan pada haji hari ini didirikan oleh Nabi Muhammad (sallallahu alaihi wa sallam) tetapi, berdasarkan Alquran, mereka dapat ditelusuri kembali ke Nabi Ibrahim, (alaihis salaam), juga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Abraham.
Orang-orang Muslim percaya bahwa Ibrahim (alaihis salaam) diperintahkan oleh Allah untuk meninggalkan istrinya Hajar dan putranya Ismail sendirian di padang pasir Mekah kuno.

Dalam pencarian air, Hajar mati-matian berlari tujuh kali antara dua bukit Safa dan Marwah tetapi tidak menemukannya. Kembali dengan putus asa pada Ismail, dia melihat bayi itu menggaruk tanah dengan kakinya dan air mancur muncul di lokasi. Ini adalah Sumur Zamzam di Masjid al-Haram di Mekah. Peziarah mengunjungi sumur sambil melakukan ibadah haji atau umroh indramayu untuk minum airnya.

Apa ritus haji?

Ritual utama ibadah haji adalah sebagai berikut:

Ihram

Ketika mereka tiba di Mekah, jemaah memasuki kondisi ihram (kemurnian) untuk ziarah haji. Laki-laki harus mengenakan pakaian ihram yang terdiri dari dua kain putih, tanpa jahitan yang melilit di tubuh, dan sandal. Serta kemurnian, pakaian ini melambangkan kesetaraan dan kesatuan karena tidak ada pengingat yang terlihat dari kelas, kekayaan, status atau budaya.

Persyaratan untuk wanita kurang ketat dan mereka biasanya berpakaian putih dengan hanya wajah dan tangan yang terbuka.
Sementara di negara bagian ihram, para peziarah harus antara lain tidak memotong kuku atau rambut mereka, tidak melakukan aktivitas seksual, berdebat atau berkelahi.

Tawaf

Setiap orang berjalan berlawanan arah jarum jam tujuh kali mengelilingi Ka’bah (bangunan berbentuk kubus dan arah sholat untuk umat Islam di mana-mana) di Masjid Al-Haram. Kabah dibangun oleh Ibrahim (alaihis salaam) dan merupakan situs paling suci dalam Islam.

Fakta Haji dalam ritualnya selanjutnya anda akan melakukan :

  • Al-Safa dan Al-Marwah
  • Gunung Arafat
  • Rajam Setan
  • Idul Adha
  • Qurbani

Komentar

News Feed