oleh

Antara KTA Konvensional dan KTA Online, Anda Pilih Mana?

Pilih Mana KTA Konvensional dan KTA Online

KTA OnlineBerkembangnya zaman juga berpengaruh pada dunia perbankan seluruh dunia khususnya Indonesia. Demikian pesat hingga beragam tawaran produk tersedia untuk menarik perhatian banyak orang. Produk Kredit Tanpa Agunan atau KTA ini merupakan salah satunya. Bahkan KTA juga tersedia dalam bentuk KTA Konvensional dan juga KTA Online.

Produk yang ditawarkan oleh perbankan atau lembaga lain berupa pinjaman Kredit Tanpa Agunan ini dihadirkan untuk mengatasi masalah kesulitan perekonomian masyarakat. Semula pinjaman diperlukan oleh pihak sebagai permodalan yang terkait dengan kebutuhan membuka usaha atau memperluasnya, namun justru sekarang digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif.

Kredit berupa KTA Konvensional ataupun Online pada dasarnya tidak membutuhkan sebuah jaminan untuk memperolehnya. Surat tanah, sertifikat, atau BPKB tidak dibutuhkan pada produk ini. Akan tetapi, proses dan juga mekanisme pada KTA di bank harus melalui waktu yang cukup lama. Selain itu, analisa aktifitas kreditur harus menggunakan sebuah kartu kredit. Jadi dengan kata lain KTA secara Konvensional ini menggunakan jaminan berupa data-data yang digunakan pada kartu kredit yang Anda miliki.

Antara KTA Konvensional dan KTA Online

Berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai proses pencairan KTA yang perlu Anda ketahui:

Memanfaatkan pagu atau batas tinggi pemberian kredit yang mendekati limit. Kesempatan ini akan menjadi penentu besarnya nilai cairnya pinjaman tanpa agunan yang diperoleh. Jadi jika Anda hanya memanfaatkan sebagian kecil pagu tersebut maka akan berakibat nilai cair yang kecil.

Jangan sampai mengalami gagal bayar atas tagihan yang ada pada kartu kredit Anda. Jika terdapat tunggakan pada tagihan kartu kredit, maka akan terjadi penolakan atau blacklist dari pihak bank.

  • Waktu yang baik untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan ini pada saat kartu kredit minimal berumur 1 tahun.
  • Pastikan bahwa data diiri yang Anda berikan dapat dihubungi dengan mudah
  • Periksa saldo tabungan yang Anda miliki maka kemungkinan KTA disetujui akan besar.

Bagian khusus pada KTA Online yang harus diperhatikan dalam proses pencairan mungkin tidak terlalu besar yaitu sekitar 10 juta rupiah. Hal ini mungkin menjadi keuntungan yang Anda dapatkan pada saat membayar angsuran yang tdiak terlalu besar dibanding dengan KTA Konvensional. Namun Anda harus menghitung berapa kecukupan jumlah yang harusnya dipinjam dengan kebutuhan yang harus Anda cover.

Pastikan Memilih Jenis KTA Sesuai Kebutuhan

Kartu Tanpa Agunan atau KTA ini memang sebuah solusi yang dapat dijadikan jalan keluar saat darurat yaitu saat terdesak kebutuhan dana. Apapun solusi untuk memperbaiki keuangan baik itu produk yang ditawarkan bank, lembaga-lembaga, bahkan online harus Anda sikapi secara bijaksana. Pastikan bahwa Anda memahami untung dan ruginya, proses atau mekanismenya, bagaimana sistemnya, dan lainnya lagi sebelum mengambil keputusan.

Berikut merupakan beberapa cara memilih KTA agar dana yang cair bermanfaat secara maksimal dalam keuangan Anda:

  • Ajukan tujuan KTA yang menurut Anda sudah jelas terpercaya
  • Pertimbangkan kondisi keuangan Anda saat akan mengajukan KTA
  • Seleksi beberapa produk KTA untuk Anda pilih satu diantara yang terbaik
  • Bandingkan produk KTA antara produk KTA  satu dengan yang lainnya
  • Cari tenor KTA yang tepat sesuai dengan kemempuan Anda
  • Lakukan simulasi terhadap KTA agar Anda mendapat gambaran jelas terhadap KTA yang akan dipilih
  • Gunakanlah produk KTA yang Anda pilih dengan bijak

Jika sudah yakin dengan satu produk KTA yang Anda pilih, baik itu KTA Konvensional maupun KTA Online tersebut dengan mantap. Maka jangan lupa selalu disiplin untuk membayar angsurannya ya.

Komentar

News Feed