oleh

Akibat Malnutrisi Zat Besi bagi Ibu Hamil

Ibu hamil memang memiliki berbagai tantangan dan pantangan tersendiri. Diantaranya harus menghindari berbagai makanan maupun tertentu yang membahayakan bayi. Sebaliknya, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang berpotensi untuk kesehatan si bayi. Untuk mengetahui kondisi kesehatan si ibu, wajib memeriksakan diri maupun kandungannya pada dokter.

Dari situlah, si ibu akan tahu apa saja yang perlu ditingkatkan dan dikurangi. Salah satunya makanan yang mengandung zat besi. Ya, zat besi merupakan salah satu mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini akan diulas mengenai pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia sekaligus akibat apabila kadarnya kurang dalam tubuh.

Zat besi atau zinc sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pembuatan hemoglobin. Tahukah Anda apakah hemoglobin tersebut? Hemoglobin merupakan komponen dari sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen sekaligus mengantarkan ke seluruh tubuh. Nah, bagi ibu hamil, kebutuhan oksigen akan bertambah dua kali lipat karena harus disuplai ke jabang bayi. Jadi, wajar saja jika kebutuhan zat besi juga meningkat selama masa kehamilan. Menurut penuturan pada  ahli, paling tidak ibu hamil mengonsumsi 27 mg zat besi tiap hari atau dua kali lipat daripada jumlah zat besi bagi wanita yang tidak hamil. Lalu, bagaimana jika peraturan tersebut tidak dipenuhi? Tentu, akan berakibat fatal.

Ketahuilah, apabila tubuh ibu hamil kekurangan zat besi maka jumlah produksi hemoglobin juga akan berkurang alias tidak cukup. Hal tersebut bisa berpotensi anemia bagi ibu hamil. Anemia merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan zat besi. Beberapa gejala pengidap anemia seperti wajah yang pucat, merasa lelah, lemah, dan parahnya, tubuh akan kesulitan untuk melawan infeksi yang menyerang.

Tak hanya berefek anemia, kekurangan zat besi juga berdampak buruhk pada kehamilan. Apalagi jika kondisi tersebut terjadi pada masa pertengahan kehamilan, akan berisiko kelahiran bayi yang prematur, berat badan yang rendah, bahkan kematian. Untuk itu pastikan untuk mengonsumsi suplemen zat besi seperti yang direkomendasikan oleh Gue Sehat ya!

Komentar

News Feed