oleh

6 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Bengkuang merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Salah satu manfaat bengkuang bagi kesehatan yaitu dapat melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan otak dan jantung Anda.

Anda dapat konsumsi bengkuang yang telah dibersihkan seperti memakan buah pada umumnya, karena rasa bengkuang sendiri cukup manis dan mengandung banyak air yang dapat menyengarkan tubuh. Dalam ulasan ini, kami akan membahas mengenai kandungan gizi dan manfaat bengkuang.

Kandungan Gizi Bengkuang

manfaat bengkuang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bengkuang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan banyak kandungan gizi dalam bengkuang yang memainkan peran penting bagi kesehatan.

Berikut ini terdapat kandungan gizi dalam 100 gram bengkuang yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • 38 Kalori
  • Karbohidrat 8,82 gram
  • Gula 1,80 gram
  • Lemak 0,09 gram
  • Protein 0,72 gram
  • Serat 4,90 gram
  • Potasium 150 mg
  • Kalsium 12 mg
  • Vitamin C 20,20 mg

Selain kandungan gizi yang telah disebutkan, terdapat bengkuang memiliki kandungan lainnya dalam jumlah kecil, seperti kalsium, asam pantonetat, fosfor, vitamin E, tembaga, dan lainnya.

Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatann Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat bengkuang

Bengkuang dapat menjaga kesehatan jantung dikarenakan terdapat kandungan asam makanan larut dengan membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol pada tubuh seseorang, sehingga empedu tidak diserap kembali di sekitar usus.

Selain itu, bengkuang juga mencegah hati dalam memproduksi lebih banyak kolesterol. Kandungan zat besi dan tembaga dalam bengkuang mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh seseorang. 

2. Menurunkan Terjadinya Risiko Kanker

manfaat bengkuang

Bengkuang mengandung aktioksidan seperti selenium, vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten yang dapat membantu tubuh Anda dalam menetralisir radikal bebas. Adanya radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan terjadinya kanker.

Kandungan dalam bengkuang yang berperan penting dalam menurunkan risiko kanker lainnya yaitu serat makanan larut, lebih tepatnya akan memberikan perlindungan tubuh dari kanker usus besar.

3. Menurunkan Berat Badan

manfaat bengkuang

Jika Anda sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, Anda bisa menambahkan bengkuang ke dalam menu makan sehari-hari. Sebab bengkuang memiliki kandungan kalori yang cukup rendah, yakni setiap 100 gram bengkuang mengandung 40 kalori.

Bengkuang juga mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi, sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dari biasanya. Itulah alasan Anda harus menambahkan bengkuang dalam menu diet Anda, karena bengkuang dianggap baik untuk menurunkan berat badan.

4. Mencegah Dehidrasi

manfaat bengkuang

Bengkuang mengandung kadar air yang tinggi, yakni sekitar 86-90%. Sehingga bengkuang dapat memberikan manfaat dalam mencegah dehidrasi, karena bengkuang dapat memenuhi kebutuhan cairan harian Anda.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

manfaat bengkuang

Terdapat kandungan vitamin B6 dalam jumlah sedikit, tetapi dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan fungsi otak dan saraf. Selain itu, vitamin B6 juga berperan penting dalam memproduksi sel darah merah.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

manfaat bengkuang

Bengkuang sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes agar kadar gula darah dalam tubuh Anda tetap stabil dan mencegah terjadinya lonjakan gula darah merah. Selain itu, bengkuang memiliki indeks glikemik yang rendah dan serat yang tinggi. 

Demikian ulasan mengenai manfaat bengkuang bagi kesehatan tubuh Anda. Dengan rasanya yang manis dan menyengarkan tubuh, Anda mendapatkan beragam manfaat seperti mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan jantung, dan lain lain.

News Feed