oleh

5 Faktor Utama Dalam Memilih Office Space yang Tepat

Banyaknya bermunculan perusahaan-perusahaan startup baru, membuat kebutuhan akan ruang kantor semakin meningkat.

Hal ini pun disadari betul oleh penyedia sewa ruangan kantor yang ada di Jakarta. Ada begitu banyak tempat yang bisa digunakan. Dari sekian banyaknya office space yang tersedia, pasti kadang Anda dibuat bingung mana yang harus dipilih.

Sebenarnya, faktor apa saja sih yang harus dipertimbangkan saat memilih office space untuk bekerja? Nah, sekarang kami akan membahasnya secara lengkap, agar Anda tak salah memilih kantor bagi perusahaan Anda.

  1. Kebutuhan ruangan

Setiap perusahaan punya karakter masing-masing dalam melakukan aktivitasnya. Ada yang membutuhkan banyak ruang meeting, ada yang hanya membutuhkan satu ruang besar saja, atau ada juga perusahaan yang membutuhkan office space dengan view tertentu.

Langkah pertama tentu saja merumuskan apa saja kebutuhan perusahaan Anda. Ini sangat penting agar perusahaan dapat memaksimalkan penggunaan office space yang disewa.

Satu tips tambahan, tak ada salahnya melakukan survei kecil-kecilan, tempat bekerja seperti apa yang diinginkan karyawan. Dengan begitu, perusahaan juga dapat menyesuaikan dengan keinginan mereka, agar semangat kerja karyawan meningkat.

  1. Jumlah pegawai dan pengunjung

Saat menghitung kebutuhan sewa ruang kantor, seringkali perusahaan hanya menghitung jumlah karyawan tetap perusahaan, tetapi lupa mengikutsertakan karyawan magang atau mahasiswa PKL, tamu yang sering mengunjungi kantor, petugas kebersihan, dan lainnya.

Misalnya saja, sebuah perusahaan hanya memiliki 30 orang pegawai tetap. Tetapi, setiap harinya ada 5 orang karyawan magang, ditambah 40 orang tamu atau klien yang datang bergantian setiap harinya. Bila perusahaan tak memiliki ruangan yang cukup untuk menampung semuanya, tentu akan terlihat sesak bukan?

Itulah sebabnya, penting bagi perusahaan untuk mencari sewa kantor yang bisa mengakomodir semua orang tersebut. Minimal ada ruang tunggu tamu yang cukup luas agar klien yang datang dapat menunggu dengan nyaman.

  1. Lokasi

Saat penawaran sewa office space banyak berdatangan, tentu lokasi jadi salah aspek yang jadi bahan pertimbangan. Selain harus strategis, lokasi kantor juga sebaiknya dekat dengan pusat perdagangan dan bisnis. Misalnya saja, Anda bisa sewa office space di Jakarta Selatan yang memang dekat dengan pusat perkantoran dan dunia usaha. Ada banyak pilihan yang tersedia, jadi Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

  1. Fasilitas

Setiap ruangan kantor yang disewakan pasti memiliki berbagai fasilitas khusus yang ditawarkan. Saat memilih office space, Anda juga harus menyesuaikan fasilitas tersebut dengan kebutuhan perusahaan.

Gedung yang luas dan fasilitas yang serba lengkap belum tentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan, lho. Misalnya saja, perusahaan Anda bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor yang sebagian besar karyawannya bekerja di lapangan. Oleh karena itu, meja kerja kebanyakan berbentuk kubikel yang ditaruh di ruangan besar. Itu berarti, Anda harus memilih office space yang memiliki fasilitas ruangan besar, daripada ruangan-ruangan kecil.

Atau bila perusahaan Anda banyak dikunjungi oleh klien setiap harinya, maka carilah office space yang memiliki fasilitas tempat parkir yang luas, agar mampu menampung seluruh kendaraan karyawan dan tamu.

  1. Harga sewa

Walaupun banyak sewa office space yang menawarkan harga murah, jangan langsung tergiur begitu saja dan menandatangani sewa kontrak tanpa pikir panjang. Coba lihat dulu 4 aspek yang telah kita bahas di atas, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau belum.

Sebagai contoh, ada 2 opsi sewa kantor yang Anda minati, yaitu:

  1. Office space dengan harga sewa Rp 15 juta per bulan, dengan luas bangunan 125 m2, unfurnished,
  2. Office space dengan harga sewa Rp 20 juta per bulan, dengan luas bangunan 100m2, fully furnished.

Di atas kertas, harga office space yang pertama lebih murah, karena harga sewanya lebih rendah dan ukuran bangunannya lebih luas. Tetapi, bila Anda tak mau direpotkan oleh pembelian terlalu banyak perlengkapan kantor, maka akan lebih bijaksana memilih office space yang kedua. Walaupun harganya sedikit lebih mahal dan memiliki luas ruangan yang lebih kecil, namun Anda tak akan dipusingkan lagi dengan urusan pembelian furnitur kantor lagi, karena segalanya sudah tersedia.

Memilih office space yang tepat memang tak mudah, karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Maka dari itu, semoga informasi yang telah kami jelaskan di atas dapat membantu Anda memilih office space sesuai dengan kebutuhan perusahaan ya.

Sumber Foto:

https://pixabay.com/photos/office-space-office-sunny-coworking-1744805/

News Feed