oleh

4 Faktor Penting Dalam Biaya Produksi Cetak Flyer

Dalam kegiatan bisnis tentunya sangat perlu untuk melakukan promosi atau pemasaran agar produk atau jasa yang kita tawarkan bisa dikenal oleh masyarakat luas. Salah satu cara untuk melakukan kegiatan marketing atau promosi tersebut yaitu dengan cara mencetak flyer. Faktanya cara yang terbilang sudah cukup tua ini namun tetap efektif dan juga tetap menarik minat para calon pembeli. Ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan ketika anda hendak mencetak flyer dalam jumlah kecil maupun besar agar ongkos cetak dan biaya lainnya tetap dalam kendali. Berikut adalah 4 faktor yang mempengaruhi ongkos cetak flyer di printerous yang telah kami rangkum untuk membantu anda dalam hal cetak-mencetak flyer.

  1. Jenis Kertas Yang Digunakan

Pertama, yang perlu anda tentukan yaitu jenis bahan kertas yang nantinya akan digunakan, beberapa kertas yang sering digunakan untuk memproduksi flyer adalah kertas HVS, kertas carton, ataupun kertas Art Paper. Kertas HVS yang biasa digunakan dalam produksi flyer memiliki ketebalan 80gsm keatas, hal ini dilakukan agar flyer tersebut tidak telalu tipis, terutama jika desain dari flyer itu sendiri penuh warna sehingga tinta tidak akan menembus ke belakang. Biaya produksi cetak flyer pada kertas HVS terbilang yang paling murah, sementara jika mencetak pada Art Paper dan Art Carton pada umumnya biaya cetak akan lebih mahal karena bahan tersebut juga lebih bagus.

  1. Ukuran Flyer

    Ukuran dari flyer merupakan faktor kedua karena hal akan menentukan biaya produksi dalam mencetak flyer. Perlu anda ketahui, pada umumnya sebagian besar penyedia jasa percetakan akan menggunakan kertas A3 atau A3+ pada saat mencetak, baik itu flyer, brosur, leaflet, ataupun poster. Adapula percetakan flyer offset yang menggunakan kertas plano dengan ukuran 65x100cm atau 79x109cm. Akan tetapi hal tersebut tetap bergantung dari mesin cetak yang mereka gunakan. Ukuran kertas A3 tersebut merupakan ukuran yang sangat umum digunakan apabila anda mencetak di tempat percetakan digital, didalam ukuran kertas A3 tersebut biasanya dapat dijadikan beberapa flyer dengan ukuran yang lebih kecil. Jadi anda dapat mencetak beberapa flyer dalam satu kertas A3 tergantung ukuran flyer yang diinginkan.

  2. Desain Flyer

    Faktor ini biasanya hanya akan berpengaruh apabila anda hendak mencetak flyer pada percetakan offset, karena hal ini mengharuskan anda membuat apa yang disebut film atau separasi terlebih dahulu, pada beberapa tempat percetakan juga ada yang menggunakan teknologi Computer to Plate (CTP). Proses cetak menggunakan film/separasi ini merupakan proses yang paling konvensional, dimana nantinya desain tersebut akan dicetak menjadi berbentuk film dengan warna yang terbagi 4 kategori yaitu CMYK (Cyan Magenta Yellow Key). Sedangkan proses percetakan melalui CTP tadi tidak harus melalui proses separasi/film terlebih dahulu dan bisa langsung dicetak dari komputer, hal ini menjadikan biaya produksi anda bisa lebih ditekan.

  3. Jumlah Flyer Yang Dicetak

Tentunya, jumlah flyer yang akan dicetak menjadi faktor utama dalam biaya produksi percetakan sehingga hal ini sangatlah penting untuk anda pertimbangkan. Beberapa tips umum sebelum anda mencetak flyer adalah sebagai berikut :

  • Jika jumlah flyer yang akan dicetak dibawah 1000 lembar A4, maka alangkah baiknya jika anda menggunakan jasa percetakan digital printing
  • Jika jumlah flyer yang akan dicetak diatas 1000 lembar A4, makan akan sangat baik jika anda menggunakan jasa percetakan offset yang akan menjadikan biaya produksi lebih murah.

News Feed