oleh

3 Tips Mengurangi MSG dari Makanan

MSG adalah turunan dari asam glutamat. Asam glutamat merupakan asam amino yang diproduksi sendiri oleh tubuh untuk keperluan metabolisme tubuh.

Maka dari itu, proses metabolisme glutamat dari mecin tidak berbeda jauh dengan asam amino glutamat. Tubuh kita telah mengenali glutamat sebagai komponen yang aman sehingga tidak akan dikenal sebagai zat asing. 

Monosodium Glutamat (MSG) atau dikenal dengan micin telah dipakai sejak puluhan tahun yang lalu sebagai penyedap masakan untuk menghasilkan rasa gurih yang umami. Pada umumnya MSG aman digunakan asal tidak dikonsumsi secara berlebihan, namun masyarakat sering mengabaikan batas aman konsumsi MSG perhari sehingga bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh. Dalam penggunaannya rekomendasi batas maksimal konsumsi micin menurut WHO sebanyak 6 gram perhari dan Kemenkes RI 5 gram saja.

Agar penggunaan MSG berkurang, ada beberapa cara untuk mengakalinya yang bisa dicoba di rumah. Hal ini berguna agar MSG tidak dikonsumsi secara berlebihan secara terus menerus. Berikut adalah 3 tips mengurangi MSG dari makanan.

1. Mengurangi makanan kemasan

Makanan yang dikeringkan dan diawetkan mengandung banyak MSG. Perhatikan label nutrisi yang tertera pada kemasan sebelum membelinya. Penamaan pada micin tak hanya monosodium glutamate saja. Nama yang sering dipakai antara lain Disodium inosinate, Calcium glutamate, Glutamic acid, Disodium 5-ribonucleotide.

2. Mengganti dengan penyedap alami

Penggunaan micin ternyata bisa disiasati dengan menggunakan bumbu penyedap alami. Tambahkan bahan-bahan berikut pada masakan sebagai penyedap alternatif, antara lain jamur, tomat, bawang putih, keju parmesan, kecap dan kaldu sapi.

3. Membuat makanan sendiri

Makanan yang dibeli di luar atau di restoran cenderung menggunakan micin yang banyak untuk memberikan rasa yang lezat. Tak hanya micin, penggunaan garamnya biasanya juga banyak. Untuk mengurangi penggunaan micin dan garam, pastikan mengolah makanan sendiri yang sudah terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Salah satu cara yang efektif untuk membuat masakan yang lezat  dan praktis digunakan adalah dengan menggunakan tepung serbaguna tanpa MSG. Terobosan dari Kobe yang memproduksi Kobe Tepung Serbaguna Premium yang no MSG dan bervitamin ini bisa menjadi alternatif para Ibu untuk menyajikan hidangan yang penuh cinta tanpa micin dengan cita rasa enak dan aroma gurih khas bawang putih yang nikmat. Tanpa Pengawet dan tanpa pewarna buatan sehingga sangat aman dikonsumsi.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi asupan MSG pada makanan sehari-hari. Dapatkan Kobe Tepung bumbu Serbaguna Premium yang sudah tersedia di minimarket, supermarket, pasar tradisional dan e-commerce kesayangan Anda. Untuk melihat inspirasi resep sehat dan lezat menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium yang tanpa MSG dan bervitamin silakan kunjungi www.dapurkobe.co.id